Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Melamar Kerja Menjadi Guru di Sekolah Swasta, Berbagi Pengalaman!

Cara Melamar Kerja Menjadi Guru di Sekolah Swasta

Jika dibandingkan dengan sekolah negeri, cara melamar kerja menjadi guru di sekolah swasta sesungguhnya lebih mudah, dan persaingan tidak terlalu kompetitif. Asal, Anda mengetahui tips dan triknya.

Kebetulan, tips dan triknya akan kami bahas melalui artikel ini. Tugas Anda hanya perlu mengaplikasikannya. Dan untuk mengaplikasikannya tidak terlalu rumit juga. Asalkan Anda memiliki keseriusan saat menjalankannya.

Lantas, apa saja tips dan triknya itu? Silakan simak penjelasan kami di bawah ini.

Mengapa melamar kerja menjadi guru di sekolah swasta lebih mudah?

Ini merupakan pertanyaan penting yang mesti dijawab sebelum menjelaskan cara melamar kerjanya. Nah, alasan mengapa lebih gampang disebabkan karena banyak sekolah swasta yang justru membutuhkan guru. Apalagi jika sekolah tersebut masih tergolong baru atau baru berdiri pada tahun pertamanya.

Tidak seperti sekolah negeri yang persayaratanya agak ribet. Dan biasanya mereka hanya menerima guru baru yang pernah bersekolah di sekolah negeri tersebut. Ini tentu menjadi keresahan tersendiri bagi calon guru yang ingin melamar ke sekolah negeri.

Akan tetapi, mau menjadi guru di sekolah swasta ataupun negeri sebenarnya sama aja. Sama-sama berprofesi seorang guru. Dan sama-sama mulianya. Yang membedakan hanya tempat dan nama sekolah itu sendiri.

Jadi, berikut di bawah ini adalah panduan melamar pekerjaan menjadi guru di sekolah swasta maupun negeri. Perhatikan baik-baik. Semua penjelasan di bawah ini berdasar pada pengalaman penulis.

Cara melamar kerja menjadi guru di sekolah swasta

1. Mencari informasi lowongan pekerjaan guru

Langkah pertama adalah mencari info lokernya dulu. Biasanya info loker guru mudah ditemui. Entah melalui perantara sesama guru maupun langsung dari sekolah swasta tersebut yang menginformasikannya.

Saat Anda mendengar ada info loker, segera lah cari tahu tentang sekolah tersebut. Bilamana cocok, lalu dari segi administrainya berjalan baik, langsung lamar saja. Sebaliknya, kalau dikelolanya tidak baik, pikir-pikir dulu deh.

Udah mah honor guru itu sedikit, terus dikelolanya tidak benar, nanti malah membahayakan bagi Anda. Jadi, langsung kepoin aja sekolah tersebut jika ada info loker. Kalau tidak ada info loker, cari saja terus. Pasti banyak.

2. Mendatangi sekolah-sekolah sebagai bentuk ikhtiar

Cara kedua, penulis kategorikan sebagai bentuk ikhtiar. Ini berdasar pada pengalaman sendiri. Dulu, saat sudah memiliki izajah sarjana pendidikan, dan ingin segera mengajar, pada saat itu penulis langsung meninjau sekolah-sekolah swasta. Utamanya sekolah swasta terdekat agar ongkos perjalanan tidak terlalu mahal.

Siapa tahu, saat meninjau sekolah-sekolah swasta, ada kenalan. Setelah katakan lah kebetulan ada kenalan, ngobrol aja sama dia. Lalu tanya, apakah ada loker di sekolah mengajarnya. Ketika mendengar ada info loker, langsung melakukan komunikasi setiap hari. Komunikasi inilah yang mengantarkan penulis mendapatkan pekerjaan saat itu.

Jadi, ada bagusnya Anda mendatangi sekolah-sekolah swasta dulu untuk mengetahui adanya info loker.

3. Mendekati guru yang sudah mengajar

Jika sama sekali tidak ada info loker setalah meninjau semua sekolah swasta terdekat, nah ada baiknya Anda mendekati semua kenalan Anda yang juga berprofesi seorang guru. Bukan hanya kenalan dengan teman sebaya atau seumuran, guru yang sudah berpengalaman dan usianya sudah senja pun, patut Anda kenali.

Biasanya guru yang sudah berpengalaman suka ada rasa iba terhadap guru baru. Sekalipun nanti tidak ada loker di tempat ngajarnya, pasti ada info-info loker lain yang bakal Anda terima. Apalagi sekarang ini sudah banyak guru honorer yang bukan hanya mengajar di satu sekolah, tapi ada di banyak sekolah.

Jadi, bersikap tenang aja dulu kalau Anda belum memiliki pekerjaan. Nanti pasti ada jalannya.

Melamar Kerja Menjadi Guru di Sekolah Swasta,


4. Ngobrol dengan kepala sekolah

Ketika Anda memiliki waktu senggang, luangkan waktu Anda untuk mendekati kepala sekolah. Bukan cuma satu kepsek saja yang mesti Anda dekati, tapi harus banyak.

Sama halnya dengan guru yang sudah mengajar, rasa iba kepala sekolah pun pasti ada. Apalagi buat guru-guru baru yang baru saja memiliki gelar, mereka pasti ngasih ruang.

Ini merupakan cara keempat yang cukup ampuh untuk Anda aplikasikan. Utamakan saat Anda bertemu dengan kepala sekolah, penampilan Anda harus memperlihatkan seorang guru.

Iya, penampilan Anda harus seperti orang berpendidikan. Jangan berpenampilan bebas. Hal ini dilakukan untuk menghargai pertemuan Anda dengan sosok kepala sekolah yang elegan dan juga bijaksana.

Penulis yakin, mendekati kepala sekolah di waktu mereka tidak sedang sibuk, pasti ada jalannya. Mereka bakal luluh ketika Anda menceritakan sudah mencari pekerjaan ke sekolah ini-itu, namun belum mendapatkan kabar baik.

Dengan melakukan cara keempat ini sebenarnya lebih efektif. Dan terkesan terasa to the point saja.

5. Siapkan dokumen atau berkas lamaran

Ini dia cara kelima agar Anda dapat mengabdi menjadi seorang guru di sekolah swasta. Ya, persiapkan dokumen dan berkas-berkasnya.

Semua persyaratan dan ketentuan yang diinformasikan oleh sekolah swasta tersebut harus Anda turuti. Termasuk izajah Anda, foto, surat lamaran, dan lain sebagainya.

Melamar ke sekolah swasta, penulis yakinkan, tidak akan serumit melamar kerja ke sekolah negeri. Dan baiknya setelah Anda diterima di sekolah swasta tersebut, mengajarlah dengan baik.

Profesi seorang guru itu lumayan melelahkan. Anda akan diuji dari segi mentalitas, diuji juga dari sesama guru yang kadang bikin Anda rese, belum lagi murid Anda yang katakan lah susah diatur.

Profesi ini memang mulia. Tapi terkadang tidak semua murid dapat memuliakan Anda sebagaimana mestinya.

-

Barangkali itu saja cara melamar kerja menjadi guru di sekolah swasta. Sekian. Semoga artikel ini ada manfaatnya.
Follow Instagram : @dreamlokerdotcom

Telegram : t.me/dreamlokerdotcom