Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mendapatkan Pekerjaan Sesuai Keinginan Kita Sendiri

Cara Mendapatkan Pekerjaan Sesuai Keinginan

Mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan sendiri sebenarnya susah-susah gampang. Apalagi sekarang ini banyak banget saran-saran yang masuk dari teman terdekat. Mereka sering bilang, katanya kalau nyari pekerjaan itu jangan pilih-pilih, yang penting mah kerja.

Padahal, mereka tidak pernah sadar bahwa setiap orang berbeda prinsip. Ada orang yang justru kalau nyari pekerjaan itu pengen yang sesuai dengan hobinya.

Lantas, apakah benar mencari kerjaan yang sesuai dengan keinginan sendiri itu sulit? Berdasar pengalaman, meskipun terbilang sulit, tapi ada lho trik atau cara mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan.

Untuk mengetahui apa saja caranya, silakan amati dengan baik beberapa cara tersebut di bawah ini.

Cara mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan

1. Asah dulu bakat yang Anda miliki

Mengasah bakat adalah langkah pertama untuk mencapai keinginan bekerja di perusahaan atau di tempat kerja yang Anda inginkan. Silakan gali, apa bakat Anda yang sekiranya bakal dipergunakan oleh sebuah perusahaan.

Katakan lah hobi Anda mendesain gambar, maka asah hobi tersebut hingga menghasilkan uang atau hingga benar-benar ahli. Bakat mendesain ini termasuk ke dalam jenis bakat yang kerap dicari oleh suatu perusahaan. Artinya, banyak info loker untuk orang-orang yang bisa mendesain.

Selain itu kalau Anda memiliki keterampilan menulis, asah juga keterampilan menulis tersebut hingga tulisan Anda terlihat bagus, rapi, dan mendalam. Kini, ada beberapa perusahaan yang sangat membutuhkan orang yang suka menulis artikel untuk produk atau sesuatu yang dijualnya.

2. Taruh kemampuan Anda di dalam CV, seadanya saja

Setelah menggali bakat sendiri, maka taruh kemampuan atau bakat Anda di dalam CV saat nanti melamar kerja ke tempat pekerjaan yang Anda inginkan. Kalau Anda memiliki bakat mendesain sekaligus menulis, cantumkan kedua bakat tersebut. Sehingga, Anda memiliki nilai plus daripada pelamar lainnya.

Utamakan juga kejujuran. Artinya apa adanya saja. Jangan dilebih-lebihkan. Kalau bisa mendesain dan menulis, sudah dua aja cukup yang disematkan di CV. Jangan ditambahin dengan bakat yang tidak Anda kuasai sama sekali. Nanti kesannya kayak berbohong.

3. Perbanyak relasi yang kebetulan sudah bekerja sesuai dengan keinginannya

Coba berdiskusi lah dengan orang-orang yang kini sedang bekerja di tempat kerja yang sudah mereka inginkan dari dulu. Biasanya wawasan kita bakal bertambah. Mulai dari apa saja yang harus dipersiapkan, apa saja enak dan tidak enaknya, dan lain-lain.

Mereka pun biasanya suka punya relasi lain. Sehingga, memudahkan Anda untuk mendapatkan info lowongan pekerjaan dari berbagai arah. Mungkin saja dari satu relasi dapat membuka banyak peluang bagi Anda.

Ketika mereka tahu bahwa Anda jago mendesain, lalu ada info loker untuk desainer, pasti larinya bakal ke Anda dulu. Itulah pentingnya relasi.

4. Bangun dan perkuat branding di Internet

ra Mendapatkan Pekerjaan Sesuai Keinginan Kita Sendiri


Agar perusahaan atau pencari kerja mengetahui keahlian Anda di bidang apa, ada bagusnya Anda membangun dulu branding di Internet. Mulai dari blog, sosial media, hingga akun Linkedin. Ketiganya dapat memperkuat branding Anda.

Katakan lah Anda jago menulis, maka bikin lah blog seputar dunia penulisan. Katakan lah Anda jago mengedit gambar, maka taruh semua hasil karya Anda di sosial media seperti Instagram. Dengan demikian, branding Anda sudah kelihatan arahnya ke mana.

5. Bikin resume/portofolio yang menarik

Cara kelima ini penting Anda perhatikan. Sekarang ini banyak banget resume-resume yang membosankan dan gitu-gitu aja. Sebaiknya kalau Anda seorang desainer, maka template-nya harusnya berunsur dunia desain.

Pun kalau Anda suka menulis, portofolionya pun harus yang berkaitan dengan dunia menulis. Dengan begitu, perusahaan sudah menandai Anda bahwa, oh pekerjaan Anda atau hobi Anda yang sebelumnya itu seorang penulis. Sehingga nantinya relevan dengan apa yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan.

Terkait resume dan portofolio ini jarang banget diperhatikan oleh seorang pelamar kerja. Padahal, kegunaannya krusial banget. Mirip-miriplah sama memperkuat branding di Internet. Jarang sekali pelamar kerja memperhatikannya.

Jadi ini adalah bentuk untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kita sendiri.

6. Tunjukan keinginan Anda bekerja di tempat lowongan pekerjaan yang Anda tuju

Cara untuk menunjukannya bagaimana? Pertama, kirim email perusahaan yang Anda inginkan. Kedua, datangi tempat kerjanya lalu berbincang lah dengan mereka. Entah itu dengan kariawannya, pemilik perusahaan, atau siapapun itu. Katakan kepada mereka bahwa Anda sangat suka dengan kinerja perusahaan tersebut.

Intinya, ada semacam PDKT-an dulu terhadap tempat pekerjaan yang Anda inginkan. Ini adalah cara yang pernah penulis lakukan. Dan hasilnya, berhasil. Meskipun harus melalui proses yang panjang banget. Tapi, tidak apa-apa. Sebab, untuk menggapai keinginan bekerja di pekerjaan yang sesuai keinginan, memang harus kerja keras dan memperbanyak ikhtiar.

Itu kuncinya.

7. Cari tahu tentang informasi pekerjaan yang Anda lamar

Untuk melengkapi cara ke-6, ini pondasinya. Adalah Anda harus mencari tahu informasi pekerjaan yang Anda inginkan secara mendalam. Entah melalui internet, websitenya, orang-orang terdekat, dan masih banyak lagi.

Katakan lah cara terakhir ini adalah bahan obrolan Anda ketika PDKT-an dengan mereka. Sesederhana itu. Dengan demikian, kelak, Anda akan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan itu.

Kesimpulan

Jadi, cara mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan itu harus melalui 7 trik.

Pertama, gali dulu bakat Anda, kedua cantumkan kemampuan Anda, lalu perbanyak relasi, perkuat branding di Internet, jangan lupa juga bikin resume yang unik, kemudian tunjukan keinginan Anda bekerja di tempat yang Anda inginkan, dan terkahir yaitu cari bahan obrolan lewat stalking tentang pekerjaan yang Anda sukai tersebut.

Dengan mengaplikasikan 7 cara ini, Anda pasti akan mendapatkan pekejaan sesuai dengan keinginan Anda sendiri.
Follow Instagram : @dreamlokerdotcom

Telegram : t.me/dreamlokerdotcom