Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mencari Lowongan Kerja Penulis Artikel

Cara Mencari Lowongan Kerja Penulis Artikel

Untuk mengetahui cara mencari lowongan kerja penulis artikel sebenarnya gampang saja. Hal ini sudah penulis alami sendiri sejak beberapa tahun lalu hingga sekarang. Dan ada beberapa pilar penting sebelum Anda benar-benar ingin bekerja sebagai penulis artikel. Adalah bisa menulis dengan baik, tulisan enak dibaca, ngerti SEO, dan setidaknya paham mana kata baku dan bukan kata baku.

Beberapa pilar tersebut harus sungguh-sungguh dimiliki oleh seorang penulis artikel. Sebab, lowongan pekerjaan penulis artikel kini sudah marak bermunculan, dan mereka (yang membuka loker) kerap mencari spesifikasi penulis dengan beberapa pilar tadi.

Untuk mengetahui bagaimana cara mencari lokernya sekaligus bagaimana perkembangan jenis pekerjaan ini, perhatikan ulasan kami berikut ini.

Cara mencari lowongan kerja penulis artikel

1. Bergabung di grup penulis artikel

Langkah pertama agar mendapatkan pekerjaan sebagai penulis artikel adalah, usahakan Anda bergabung di grup penulis artikel atau grup jual beli artikel. Melalui grup ini, tiap harinya selalu ada info loker penulis dengan spesifikasi yang tidak begitu rumit. Bahkan, seorang pemula pun kerap mendapatkan pekerjaan.

Di mana mencarinya? Tentu saja di grup Facebook. Sampai detik ini, Facebook selalu memberikan peluang yang bagus bagi para penulis artikel. Tugas Anda adalah giat-giatlah bergabung di grup yang aktif dan ramai. Sehingga, nanti keciptratan rezeki di grup tersebut.

Jangan pernah mengesampingkan dan meremehkan eksistensi Facebook. Sebab, penulis sudah merasakan sendiri nikmatnya.

2. Mendaftar di situs freelance writer

Kalau tidak ingin terikat oleh waktu dan lebih nyantai mengerjakan projek penulisan artikelnya, solusinya adalah mendaftarkan diri saja di situs freelance writer. Biasanya satu artikel yang Anda kerjakan akan mendapatkan bayaran lebih dari 75 ribu.

Berbeda dengan grup Facebook yang biasanya minta borongan, namun bayaran terbilang sedikit. Di situs freelance, sekali dapat projek maka penghasilan yang didapatkan terbilang mahal.

Ada banyak situs freelance writer di internet. Tugas Anda adalah mencari dan memajang CV di sana. Kelak kalau sudah lama bergabung, maka projek akan selalu menghampiri Anda.

3. Berani mengajukan diri ke penulis senior

Solusi ampuh agar mendapatkan pekerjaan sebagai penulis artikel adalah berani mengajukan diri ke penulis senior. Atau katakan lah Anda meminta project apabila si penulis senior tersebut kewalahan dalam mengerjakan projeknya.

Biasanya kalau tulisan Anda bagus, mereka akan kecanduan menggunakan jasa Anda terus-menerus. Sehingga peluang Anda mendapatkan pekerjaan sebagai penulis artikel terbuka lebar.

Cara Mencari Lowongan Kerja Penulis Artikel


4. Menawarkan diri ke perusahaan yang membutuhkan penulis artikel

Kirim email ke perusahaan-perusahaan yang butuh banget jasa penulis artikel. Intinya, Anda menjemput bola, bukan bola menghampiri Anda.

Saat ini banyak banget orang yang pengen dapat pekerjaan, tapi nunggu perusahaan menghubungi. Padahal, sesekali ada baiknya, Anda lah yang mengirim email ke perusahaan agar mendapatkan pekerjaan dari mereka.

Kalau terus menerus menunggu dihubungi, terbilang sulit nantinya karena pesaing Anda banyak. Oleh sebab itu, gunakan cara keempat ini agar Anda bisa kerja menjadi penulis artikel.

5. Kerjasama dengan blogger yang pada kerja

Para blogger di Indonesia tak selamanya kehidupan mereka luang. Ada banyak juga blogger yang sibuk dengan pekerjaannya sebagai kariawan pabrik, kariawan toko, dan semacamnya. Biasanya mereka tidak ada waktu senggang buat nulis dan tidak punya waktu buat ngurus blognya.

Nah, tugas Anda, adalah menawarkan kerjasama kepada blogger yang pada sibuk kerja itu. Salah satu tawaran Anda adalah menjadi penulis artikel di blognya. Biasanya mereka mau karena mereka paham bahwa penghasilan seorang blogger tidak bisa dianggap remeh. Pasti besar penghasilannya dari Google Adsense seiring dengan traffic-nya melimpah terus tiap harinya.

6. Membuat jasa penulisan artikel di sosmed sendiri

Kalau pertemanan Anda di sosmed hampir semuanya suka menulis, ngeblog, dan apapun yang berkaitan dengan dunia tulis-menulis, nah peluangnya justru besar banget. Sebab, sekali dua kali Anda membuka loker, maka banyak orang akan tahu bahwa profesi Anda sebagai seorang penulis artikel.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda membuat info jasa penulisan artikel. Dengan demikian, peluang dapat pekerjaan terbuka lebar. Atur saja promosinya sebaik mungkin. Kelak, beberapa hari kemudian Anda akan mendapatkan pekerjaan.

7. Menulis di blog pribadi, lalu perkuat branding Anda sebagai penulis

Anda menulis tentang cara menulis artikel resep masakan, Anda menulis artikel tentang cara menulis artikel teknologi, lalu di ujung artikel Anda melakukan promosi kepada pembaca bahwa Anda sedang membuka jasa, dan siap apabila dikasih pekerjaan sebagai penulis artikel oleh pengunjung.

Tugas Anda, naikkan artikel yang berkaitan dengan cara menulis tersebut ke posisi pertama Google. Praktis, jika posisi artikelnya bagus, maka kesempatan dibaca oleh banyak orang pun bakalan besar. Sehingga, Anda kelak mendapatkan pekerjaan.

Bagaimana perkembangan lowongan kerja penulis artikel?

Sependek pengetahuan penulis, perkembangannya cukup masif. Hampir tiap hari, entah itu di grup jual beli artikel, di situ freelance, dan di banyak sosmed kerap membuka info loker penulis dengan beragam spesifikasi.

Dengan banyaknya info loker tersebut maka dapat diartikan bahwa di zaman digital ini para perusahaan sedang giat banget mencari para penulis artikel agar bisnisnya berkembang luas dan dikenal oleh banyak orang.

Jadi, para perusahaan dengan penulis artikel ini menjadi suatu simbisios yang saling menguntungkan. Ini enaknya menjadi penulis artikel.

-

Barangkali itulah cara mencari lowongan kerja penulis artikel. Silakan aplikasikan beberapa cara di atas yang sekiranya mampu Anda amalkan.

Sekian.
Follow Instagram : @dreamlokerdotcom

Telegram : t.me/dreamlokerdotcom