Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Pekerjaan untuk Mahasiswa yang Masih Kuliah

Pekerjaan untuk mahasiswa yang masih kuliah

Pekerjaan untuk mahasiswa yang masih kuliah sejatinya banyak sekali. Tujuan menjalani pekerjaan tersebut biasanya untuk nambah-nambah biaya kuliah. Dan penulis sendiri saat itu sukses menjalani satu pekerjaan yang betul-betul membantu banget buat menambah bayaran kuliah.

Ternyata, setelah ngobrol dengan banyak mahasiswa, mereka pun melakukan hal yang sama. Pekerjaan mereka meski berbeda dengan pekerjaan penulis, pada intinya tetep serupa.

Dengan seringnya ngobrol dengan banyak mahasiswa, penulis pun merunutkan beberapa jenis pekerjaan yang dapat dijalani oleh para mahaisiswa. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memilih mana pekerjaan yang cocok bagi Anda, lalu lakukan sebaik mungkin. Berikut beberapa jenis pekerjaannya.

Pekerjaan untuk mahasiswa yang masih kuliah

1. Menjalani pekerjaan menjadi guru privat

Khusus mahasiswa fakultas tarbiyah, coba gunain kemampuan dan juga wawasan Anda untuk menjadi guru privat di satu sekolah saja. Hal yang perlu Anda lakukan adalah melamar atau menawarkan diri menjadi guru privat tersebut. Anda dapat menjalani pekerjaan guru privat ini sebagai pekerjaan paruh waktu dengan bergabung bersama lembaga bimbingan belajar.

Anda bisa juga berjalan secara independen dalam melakukan promosi sebagai guru privat dari rumah satu ke rumah lain. Jika memang tujuan Anda ingin memperoleh penghasilan yang lebih besar, Anda nanti bisa menjadi seorang pengelola lembaga kursus. Kini sudah banyak mahasiswa yang melakukan pekerjaan ini.

2. Pekerjaan sebagai barista atau waiter

Waiter atau pelayan kafe dan juga barista merupakan pilihan kedua bagi mahasiswa yang masih kuliah. Sejauh ini, banyak kedai kopi maupun restoran yang membutuhkan tenaga mahasiswa untuk bisa membantu melayani banyak pelanggan.

Jenis pekerjaan ini sebenarnya merupakan pilihan paling populer bagi para mahasiswa yang menginginkan dan memperoleh penghasilan tambahan sebab pekerjaan ini bersifat fisik. Pekerjaan ini membutuhkan tenaga ekstra supaya bisa tetap bisa melayani pengunjung ketika kafe sedang benar-benar ramai.

Menjadi seorang waiter maupun barista akan menguji mental kita. Hal ini disebabkan karena terkadang, selalu ada saja perilakupelanggan yang bisa memancing emosi kita. Jadi, sebelum nanti benar-benar kerja di orang lain, Anda akan belajar dulu di sini.

3. Pekerjaan sebagai desainer grafis

Desainer grafis atau yang juga biasa dikenal dengan sebutan ilustrator ialah peluang pekerjaan yang tepat walaupun Anda masih seorang mahasiswa aktif. Ini pun silakan Anda ambil apabila Anda mempunyai skill desain.

Silakan gunakan platform online untuk mencari dan mendapatkan jenis pekerjaan ini sehingga Anda bisa menjadi seorang freelancer. Dan jangan lupa, gunakan juga sosial media untuk memamerkan skill desain Anda sehingga dilirik oleh orang-orang yang bekerja sebagai desain grafis.

Saat Anda bekerja sebagai pekerja part time, Anda juga dapat mengumpulkan seluruh portofolio nantinya. Portofolio, saat ini merupakan hal penting supaya Anda bisa menggunakannya untuk nanti melamar pekerjaan pada dunia industri yang sesungguhnya.

4. Pekerjaan tour leader dan juga tour guide

Pilihan pekerjaan lain selama Anda masih kuliah yaitu cobalah menjadi seorang tour guide atau tour leader. Hal ini dapat Anda lakukan apabila kampus tempat Anda belajar berada di wilayah pariwisata. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk nantinya menjadi seorang pemandu wisata.

Tugas Anda mudah saja, adalah Anda tingga menceritakan apa saja hal unik nan menarik pada berbagai tempat selama Anda menemani para turis berkunjung.

Tidak cuma menjadi tour guide saja, Anda juga bisa jadi tour leader biro wisata pada sebuah daerah. Anda dapat mengisi posisi tersebut hanya untuk melakukan pekerjaan paruh waktu.

Pekerjaan untuk Mahasiswa yang Masih Kuliah


5. Pekerjaan sebagai content writer

Content writer sejauh ini merupakan salah satu opsi kerja paruh waktu paling populer bagi para mahasiswa yang masih kuliah. Anda bisa menggunakan kesempatan ini sebagai pekerjaan paruh waktu secara online meski Abda berada di kos atau di manapun itu selagi ada koneksi internet yang memadai.

Content writer, bagi penulis sendiri, merupakan cara paling efektif untuk menghasilkan banyak uang. Terlebih, jenis pekerjaan ini terbilang fleksibel. Jadi tidak tertuntut banget.

Nah, Anda bisa bergabung dengan berbagai agensi ataupun bekerja secara solo dengan menawarkan skill menulis yang Anda miliki melalui sosial media, website, blog pribadi, dan semacamnya. Pokoknya pasarkan skill Anda sehingga orang tertarik menggunakan jasa Anda.

6. Pekerjaan sebagai penerjemah bahasa asing

Apakah Anda memiliki kemampuan dalam berbahasa asing? Coba gunakan saja kemampuan tersebut untuk kemudian menghasilkan uang tambahan agar biaya kuliah Anda terbantu. Anda dapat mencari jenis pekerjaan ini melalui platform online atau mempromosikan kemampuan dan skill Anda pada berbagai sosial media.

Dengan bekerja menjadi seorang penerjemah, maka Anda bisa menerima semua pekerjaan untuk menerjemahkan berbagai dokumen asing. Dan saat ini ada banyak industri yang butuh banget terhadap pekerjaan sebagai penerjemahan untuk memudahkan segala kebutuhan personal ataupun bisnis yang mereka miliki.

7. Pekerjaan sebagai fotografer

Terakhir, adalah pekerjaan yang saat ini populer bagi para mahasiswa. Ya, Anda bisa menjadi sosok yang tepat jika Anda paham dan menyukai dunia fotografi. Apalagi jika Anda punya kamera DSLR sendiri. Caranya Anda bisa menjadi wedding fotografer maupun fotografer untuk toko online dan juga foto wisuda.

Sedikit saran, pada saat merintis pekerjaan sebagai fotografer, cendurung pada awalnya tidak mudah menggunakan jasa Anda karena Anda harus mempunyai banyak potofolio dulu.

Oleh sebab itu, perbanyak dulu fortofolio. Dan setelah itu, Anda akan mendapatkan banyak pekerjaan di bidang ini. Untuk mempromosikan hasil jepretan Anda, Anda tidak hanya harus memiliki skill dalam dunia fotografi, Anda juga membutuhkan networking yang tinggi.

Sedangkan solusi jika tidak punya kamera, Anda bisa menyewanya ke jasa penyewa kamera sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan banyak modal.

-

Barangkali itulah pekerjaan untuk mahasiswa yang masih kuliah. Sekian.
Follow Instagram @Dreamlokerdotcom dan Channel Telegram https://t.me/dreamlokerdotcom Untuk Info Lowongan Kerja Terupdate Lainnya