Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Melamar Pekerjaan di Toko agar Cepat Diterima

Cara Melamar Pekerjaan di Toko

Bekerja di toko sudah pasti berbeda dengan bekerja di pabrik. Kerja di toko banyak waktu senggangnya. Kecuali kalau pembeli sudah membludak, baru lah kita sebagai kariawan di hari itu juga sudah mulai sibuk bekerja.

Oleh sebab itu, gaji yang didapatkan dari bekerja di toko tidak akan sama dengan bekerja di pabrik. Adapun cara agar dapat uang lebih dari bekerja di toko, itu biasanya disebabkan karena adanya bonus.

Akan tetapi, meski begitu, minat orang bekerja di toko masih banyak sebenarnya. Itulah sebabnya banyak orang yang mencari informasi terkait cara melamar pekerjaan di toko agar cepat diterima.

Toko yang mereka maksud pun banyak jenisnya. Mulai dari toko pakaian, toko roti, dan toko-toko lainnnya.

Nah untuk mengetahui cara apa saja agar lamaran kerja yang dikirimkan ke sebuah toko dapat mudah diterima, silakan pahami artikel ini dengan baik.

Apa enaknya kerja di toko?

Enaknya kerja di toko, kerjaan lebih santai aja. Terutama bagi toko-toko kecil. Paling pas sibuknya itu kalau sudah banyak barang yang masuk ke toko, kariawan bagian gudang harus segera memasukkan barang-barang tersebut dan kemudian dirapikan oleh kariawan yang berposisi sebagai perapian barang.

Kariawan yang bertugas di dalam pun sibuknya pas melayani banyak pembeli. Ketika pembeli sudah membludak, apalagi di hari-hari perayaan tertentu atau pas ada informasi diskon, mulai deh kerasa lelahnya seharian. Tapi, beberapa kariawan menganggap hal demikian sudah biasa. Sehingga, dibawa asyik aja.

Lebih dari itu, kerja di toko suka dikasih kebebasan dalam berinovasi. Kita pun sebagai kariawan harus menuntut diri juga agar kreatif saat memasarkan barang. Apalagi kalau bicara soal bonus saat memasarkan barang-barang tertentu. Dan dengan adanya bonus, maka ada tambahan uang di situ.

Berdasar pengalaman, inilah cara melamar pekerjaan ke toko agar bisa diterima.

Cara melamar pekerjaan di toko

1. Harus ada info loker dulu

Langkah pertama adalah mencari informasi lowongannya dulu. Sebab, dapet kerjaan di toko tidak semudah dapat kerjaan mengajar di sekolah swasta yang pernah kami bahas pada artikel sebelumnya.

Untuk mencari info loker toko, Anda dapat menggunakan sosial media, khususnya Instagram. Misalnya Anda orang Tasikmalaya, cek saja di akun info loker Tasik.

Ingat, setiap wilayah atau daerah, pasti memiliki akun ig info loker. Oleh karena itu, maksimalkan dengan baik informasi dari akun tersebut.

2. Memenuhi syarat dan ketentuan toko

Saat Anda melihat info loker dari sebuah toko, entah itu toko pakaian, toko roti, dan toko lainnya, langsung tengok syarat dan ketentuannya. Perhatikan dengan baik aturan-aturannya dan tenggat waktu kirim lamaran.

Kalau bisa ketika Anda merasa cocok terhadap info loker toko tersebut, segera lah mengirim lamaran. Biasanya pelamar paling cepat akan dipertimbangkan oleh pihak toko karena ada nilai keseriusan atau kesungguhan.

3. Menyiapkan berkas-berkas

Poin ketiga yang tak kalah penting adalah segera menyiapkan berkas-berkasnya. Hal ini dilakukan sebelum Anda mengirim lamaran.

Penuhi semua dokumen yang diinginkan oleh pihak toko tersebut. Mulai dari fotocopy KK, KTP, dan lain-lain. Penulis rasa, Anda sudah tahu berkas-berkas apa saja yang biasanya perlu disiapkan untuk mengirim lamaran pekerjaan.

Tinggal amati saja dokumen lainnya, lalu lengkapi selengkap-lengkapnya dengan baik dan detail.

4. Mengirim lamaran via email dan pos

Cara Melamar Pekerjaan di Toko agar Cepat Diterima


Untuk mengetahui apakah lamaran dikirim via email atau pos, biasanya sudah tercantum pula dalam keterangan informasi loker yang Anda dapatkan tersebut.

Nah, ada sebuah tips dari penulis agar lamaran Anda cepat diterima, yaitu datangi toko yang membuka loker tersebut, dan bilang kepada pemilik atau kariawan yang berperan penting di situ. Bilang bahwa Anda sudah mengirim lamaran ke toko tersebut.

Dengan mengamalkan tips ini, maka sang pemilik atau kariawan tersebut bakal langsung mengingat sosok Anda, dan segera mengecek isi lamaran Anda. Tips ini pernah penulis aplikasikan, dan hasilnya bagus. Saat itu penulis langsung diterima dengan mudah.

5. Menyiapkan mental

Kerja di manapun, menyiapkan mental itu penting. Termasuk juga saat Anda berkeinginan melamar kerja ke toko.

Memang beberapa toko seringkali kelihatan nyantai kariawan-kariawannya. Namun, di balik santai-nya mereka, sudah ada mental yang tahan banting ketika diprotes pembeli atau dimarahin atasan. Nah, solusi agar betah kerja di toko, yakni harus persiapkan dulu mental Anda sekuat mungkin.

Kariawan yang mentalnya lemah pasti resgin-nya juga cepat. Kurang dari tiga bulan pun sudah bakal langsung resign.

6. Memberikan inovasi baru

Bekerja di toko seharusnya ada pemikiran bahwa toko tersebut anggaplah toko sendiri. Sehingga, ketika menganggap toko sendiri maka kita akan merawatnya dengan baik. Akan terus memikirkan juga cara agar toko tersebut ramai dikunjungi.

Kariawan yang banyak berinovasi sering diberi acungi jempol oleh atasan. Dan boleh jadi kelak bakal naik jabatan. Oleh sebab itu, berdiskusilah dengan atasan terkait inovasi-inovasi baru yang ingin Anda berikan.

7. Membantu pemasaran toko

Meski Anda bukan di bagian pemasaran, namun kalau Anda memiliki ide yang brilian agar toko tempat kerja Anda berkembang, bantu saja cara pemasarannya.

Lebih bagus lagi mungkin Anda bantu-bantu sedikit ke kariawan lain kalau waktu kerja Anda tidak begitu sibuk.

Dengan demikian, Anda sudah memiliki nilai inisiatif dari teman kerja Anda. Dan ingat bahwa saat Anda membantu orang lain, mereka pun nanti akan membantu Anda juga.

-

Barangkali itulah cara melamar pekerjaan di toko agar cepat diterima. Sekian. Semoga artikel ini ada manfaatnya.
Follow Instagram @Dreamlokerdotcom dan Channel Telegram https://t.me/dreamlokerdotcom Untuk Info Lowongan Kerja Terupdate Lainnya