Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Melamar Kerja Tanpa Lowongan

Cara Melamar Kerja Tanpa

Adakah cara melamar kerja tanpa lowongan? Jawabannya tentu saja ada. Asal Anda harus melewati beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Mulai dari memperbanyak relasi, hingga mencari pekerjaan yang tidak terlalu formal.

Di zaman sekarang ini, sepengalaman penulis, melamar pekerjaan itu tidak melulu harus ada lowongan dulu. Tanpa adanya lowongan pun, masih bisa kok. Dan sudah banyak orang-orang yang saat ini bekerja, padahal lamarannya dikirim tanpa ada informasi lowongan pekerjaan terlebih dahulu.

Untuk mengetahui berbagai cara dalam melamar pekerjaan tanpa harus ada loker dulu, silakan pahami artikel ini dengan seksama agar Anda kelak benar-benar mendapatkan pekerjaan.

Memahami di balik alasan mengapa ada perusahaan yang membutuhkan kariawan baru, tapi tanpa ada informasi lowongan

Ada alasan mengapa sebuah perusahaan atau tempat kerja tidak membuka lowongan, padahal mereka butuh kariawan baru.

Salah satunya, mereka menginginkan kariawan baru itu, cukup sumber utamanya dari kariawan lama. Cukup kariawan lama yang mengajak kariawan baru bekerja. Dalam artian juga, si kariawan lama ini nanti bertanggung jawab apabila kariawan baru yang diajaknya bekerja tidak benar kerjanya.

Kini sudah banyak perusahaan yang membutuhkan kariawan baru dengan konsep seperti itu. Sebab, mereka sudah lelah dengan hadirnya kariawan baru yang baru kerja dua bulan saja sudah resign. Dan itu biasanya diawali dulu dengan membuka loker di Internet.

Dengan konsep tadi, otomatis perusahaan tidak perlu membuat brosur dan tidak perlu lagi membikin info loker. Cukup nyuruh kariawan lama untuk menggaet pekerja baru. Biasanya yang diaget atau diajak oleh kariawan lama adalah teman dekatnya. Dan konsep ini terbilang efektif serta tidak perlu mengeluarkan biaya juga.

Nah, tugas Anda sebagai pelamar adalah mengaplikasikan lima cara yang akan penulis bagikan melalui artikel ini. Berikut cara-cara tersebut akan kami jelaskan di bawah ini. Silakan pahami baik-baik.

Cara melamar kerja tanpa lowongan

1. Mencari jenis pekerjaan yang jarang membuka lowongan

Ada banyak jenis pekerjaan yang jarang banget membuka lowongan secara terang-terangan. Misalnya kurir reguler Shopee, admin sosmed, penulis artikel, dan masih banyak lagi.

Nah, tugas Anda sebagai pelamar kerja adalah mengelompokkan dulu; mana tipe pekerjaan yang selama ini tidak terlalu sporadis dalam membuka loker. Kalau pabrik mah, mereka sudah sering membuka loker. Jadi agak susah untuk melamar kerja ke pabrik.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan langkah pertama ini saja dulu. Silakan kelompokan jenis pekerjaannya jika Anda benar-benar ingin mendapatkan pekerjaan tanpa perlu ada informasi lowongan.

2. Memiliki relasi yang tipe pekerjaannya butuh dikerjakan banyak orang

Contoh tipe pekerjaan yang butuh dikerjakan lebih dari dua orang, yakni kurir ekspedisi. Nah dekati teman Anda yang profesinya seorang kurir ekspedisi. Pasti mereka bakal membantu.

Mengapa harus kurir sebagai permisalannya? Karena, semakin ke sini kiblat berbelanja sudah ke arah digital. Apa-apa kalau belanja itu pasti lewat marketplace. Dan pihak ekspedisi seringkali kewalahan kalau hanya punya dua kurir.

Oleh sebab itu, terkadang mereka membutuhkan banyak kurir agar semua barang dapat dikirim dengan cepat sesuai dengan estimasi pengiriman yang tertera di websitenya.

Jadi, carilah relasi yang mana kalau mereka bekerja itu butuh banyak orang agar kerjaannya cepet dilakukan. Salah satunya menjadi kurir. Kalau Anda tidak merasa gengsi menjadi kurir, silakan ambil pekerjaan ini.

3. Mendekati si pemilik tempat kerjaan

Ini merupakan cara ketiga yang pernah penulis lakukan. Penulis kalau butuh pekerjaan, pasti suka nyari sang pemilik tempat pekerjaan tersebut. Jarang banget penulis mengirim lamaran kesana-kemari.

Untuk mendapatkannya, cari waktu yang pas untuk mendekati bos atau CEO tempat pekerjaan tersebut. Lalu puji perusahaan dia. Dan ujungnya, bilang bahwa Anda pengen kerja di tempatnya.

Dengan demikian, si bos suka merasa iba atau kasihan. Dan kalau Anda sedang lucky atau beruntung, kelak Anda bakal mendapatkan pekerjaan. Ini merupakan cara ampuh yang selama ini belum begitu banyak diaplikasikan oleh orang-orang yang butuh pekerjaan.

4. Lebih banyak ngobrol dengan orang-orang yang sudah bekerja

Cara Melamar Kerja Tanpa Lowongan


Alternatif lain agar Anda mendapatkan pekerjaan tanpa ada lowongan dulu, yaitu perbanyaklah keluar rumah. Keluar rumah tujuannya bukan untuk main. Namun, bersilaturahmi. Bersilaturahminya kepada orang-orang yang saat ini sedang bekerja.

Obrolan pun cukup mengobrol tentang pekerjaan. Bagaimana pekerjaan dia. Apakah enak atau tidak. Dan ujungnya, Anda bilang kepada mereka, kalau ada loker atau sedang membutuhkan orang buat bekerja, jangan lupa hubungi Anda. Dan bilang juga, Anda siap bekerja ditempatkan di mana pun.

Itu hanya sekadar istilah saja sebenarnya kalimat “ditempatkan di mana pun”. Yang penting, nanti, ada info loker saja dulu sehingga orang tersebut menghubungi Anda.

5. Mencari pekerjaan yang tidak terlalu formal

Solusi lain dalam melamar kerja tanpa perlu ada lowongan dulu adalah mencari pekerjaan yang tidak terlalu formal banget. Jenis pekerjaan yang formal itu semacam pabrik, kantoran, dan lain-lain.

Kalau tidak formal, ibaratnya pekerjaan non kantor. Yang bisa dikerjakan di rumah. Katakan lah freelance. Dengan membidik jenis pekerjaan yang tidak terlalu formal, bahkan Anda tidak perlu melamar, cukup mau saja dan jelas konsep pekerjaannya, pasti sudah dapat kontrak.

Biarpun serabutan, yang penting ada kerja aja dulu buat menghidupi kehidupan sehari-hari.

Barangkali itu saja cara melamar kerja tanpa lowongan. Silakan apliaksikan lima cara di atas, cukup menarik dan mudah dijalani. Sekian. Semoga artikel ini ada manfaatnya.
Follow Instagram @Dreamlokerdotcom dan Channel Telegram https://t.me/dreamlokerdotcom Untuk Info Lowongan Kerja Terupdate Lainnya