Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pekerjaan Lulusan SMA IPA Pria

Pekerjaan Lulusan SMA IPA Pria

Sebagai mantan anak IPA, penulis memandang bahwa pekerjaan lulusan SMA IPA pria sebenarnya banyak juga. Tidak kalah banyak dengan lulusan IPS. Hanya saja salah satu alasan anak-anak SMA masih pada nganggur disebabkan karena mereka suka pilih-pilih pekerjaan dan tidak dapat mengembangkan skill-nya dengan baik.

Di masa pandemi sekarang ini, seharusnya singkirkan dulu selektif dalam memilih pekerjaan. Dan ada baiknya jika punya bakat yang terpendam, coba bakat tersebut diasah saja. Boleh jadi bakat Anda dapat dipakai di dunia kerja. Sebab, dunia kerja sekarang ini tidak cukup mengandalkan kerja keras, kerja cerdas pun harus dimiliki oleh para pelamar kerja.

Berdasar pengalaman, penulis sudah mengumpulkan jenis pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA IPA, khusunya bagi para pria. Berikut di antaranya:

Daftar pekerjaan lulusan SMA IPA Pria

1. Pekerjaan sebagai penulis artikel

Katakatan lah kalau Anda hobi menulis, pekerjaan sebagai penulis artikel sangat cocok. Meski sejauh ini tingkat persaingannya cukup tinggi, tetapi selama Anda memiliki kemampuan dalam merangkai kaliamta datau kata menjadi gaya bahasan menarik, maka Anda akan mendapatkan peluang yang terbilang bagus. Belum lagi, sejauh ini sudah tersedia banyak media online yang menawarkan sebagai penulis lepas.

Selain nantinya mendapatkan penghasilan, bekerja sebagai penulis pun bisa menambah wawasan Anda. Pekerjaan ini hebatnya terbilang fleksibel. Artinya, Anda masih bisa melakukan kegiatan-kegiatan lainnya, termasuk Anda bisa bekerja sambil kuliah. Namun, jika pekerjaan Anda adalah seorang penulis tetap, maka Anda harus bekerja sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh perusahaan.

2. Pekerjaan sebagai ABK

Pekerjaan ini terbilang cocok setelah Anda lulus SMA. Sebagai seorang ABK, Anda bakal hijrah dan berpergian ke luar kota. Bahkan, Anda ada kesemputan buat ke luar negeri. Selain kerja sebagai ABK memiliki gaji besar, Anda akan mendapatkan pengalaman unik selama bepergian dari suatu tempat ke tempat lainnya. Namun, perlu dipahami bahwam menjadi seorang ABK tidak begitu mudah karena memerlukan mental yang kuat.

Mulai hari ini Anda harus harus mempersiapkan diri ketika jauh dari keluarga dan biasanya hanya bisa pulang sesekali. Anda harus mampu melatih fisik dan membekali diri dengan berbagai skill atau kemampuan yang bakal menunjang karier Anda sebagai seorang anak buah kapal.

3. Pekerjaan sebagai operator produksi

Pekerjaan yang layak Anda lamae setelah lulus SMA lainnya adalah sebagai operator produksi. Kalau dibandingkan dengan pekerjaan di atas, lowongan operator produksi kini banyak dibutuhkan. Mengingat, bidang industri sudah berkembang pesat di Indonesia, artinya banyak pabrik baru yant membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dan mendukung proses produksi.

Sebagai seorang operator produksi, nanti Anda akan bertugas untuk mengoperasikan mesin yang digunakan saat proses produksi, lalu membuat laporan, kemudian menjaga lingkungan kerja, dan harus bekerja sesuai target yang telah ditentukan pihak pabrik.

Nah, kendati pekerjaan ini kelihatan sepele, tapi faktanya Anda harus memiliki semacam ketekunan dan juga fisik ytang kuat. Sebab, Anda harus duduk dan juga berdiri selama jam kerja berlangsung. Anda pun harus teliti dan tidak gampang panik untuk menghindari kecelakaan bekerja.

4. Pekerjaan sebagai pengajar bimbel

Jika Anda termasuk murid yang berprestasi, maka Anda bisa melamar pekerjaan sebagai pengajar bimbingan belajar. Bisa juga membuka jasa les sebuah mata pelajaran SD, SMP, dan SMA di rumah Anda dengan tarif terjangkau.

Selain pekerjaan ini fleksibel, dapat menambah juga wawasan dan juga memperluas lingkup sosial. Namun, perlu Anda ingat bahwa pekerjaan ini harus bersikap tegas, tak lupa sabar, dan harus dapat memberikan solusi terbaik agar anak didik Abda cepat memahami materi pelajaran yang Anda sampaikan.

Pekerjaan Lulusan SMA IPA Pria


5. Pekerjaan sebagai bisnis online

Kalau Anda termasuk orang yang menyukai tantangan dan kurang suka menyukai pekerjaan kantoran, coba memulai lah usaha sendiri. Awalnya mungkin tidaklah mudah, sebab pekerjaan ini dibutuhkan mental yang kuat dan taktik yang cerdas agar usaha Anda terus berkembang.

Dengan berbisnis sendiri, kemampuan Anda dalam menganalisa suatu pasar, lalu menentukan harga jual, dan juga mengambil keputusan disaat krusial akan meningkat pesat. Dibandingkan dengan bekerja di perusahaan, bekerja secara mandiri sebagai seorang pebisnis akan lebih menarik karena peluangnya luas. Bahkan, tidak mustahil Anda bisa meraup pendapatan sampai puluhan juta setiap bulannya.

Selain berpotensi memiliki keuntungan yang besar, Anda juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain nantinya, misalnya butuh sebagai admin, packing barang, ataupun asisten pribadi.

6. Pekerjaan sebagai agrikultur bagian staf

Jika Anda adalah merupakan pribadi yang sangat menyukai tantangan dan termasuk juga pencinta alam atau pencinta binatang, pekerjaan sebagai staf agrikultur cocok untuk dicoba. Pekerjaan ini sesungguhnya menarik karena Anda akan bekerja di perusahaan-perusahaan seperti pertanian, peternakan, dan perikanan. Setiap hari Anda akan melakukan tugas, seperti mengelola sebuah pertanian atau peternakan.

7. Pekerjaan sebagai penginput data

Pekerjaan lainnya yang cocok bagi lulusan SMA Ipa pria adalah input data. Tugasnya sederhana, yakni hanya menginput data ke dalam suatu sistem perusahaan. Meski terlihat mudah, faktanya pekerjaan menginput data justru membutuhkan ketelitian dan juga kesabaran yang tinggi. Pasalnya, jika ada kesalahan kecil saja akan berdampak besar pada data yang sudah Anda input sebelumnya.

8. Pekerjaan sebagai asisten pilot

Tahukah Anda jika sejauh ini sudah banyak lulusan SMA yang tak melanjutkan kuliah dan memilih kerja sebagai asisten pilot?

Jika Anda merupakan anak IPA, ini adalah peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan sebagai asisten pilot. Bahkan, saat ini sudah semakin banyak maskapai penerbangan yang kemudian membuka lowongan asisten pilot dengan gaji yang fantastits. Meski demikian, justru akan lebih baik jika Anda mengikuti pelatihan sebagai asisten pilot lebih dulu.

9. Pekerjaan sebagai asisten dokter gigi

Jika Anda termasuk seorang yang pemberani, pekerjaan sebagai asisten dokter gigi sangat cocok bagi Anda. Anda tidak perlu menguasai dan paham betul kemampuan tertentu, asal Anda pribadi yang cekatan, lalu mudah menyesuaikan diri, dan juga ramah. Tugas asisten dokter gigi termasuk sederhana, yakni biasanya hanya mengurus masalah pendaftaran, lalu mengurus keperluan dokter, dan hal terkait lainnya.

10. Pekerjaan sebagai karyawan supermarket

Yah pekerjaan ini memang sudah banyak dilamar oleh lulusan SMA. Jadi, kalau ada info loker di supermarket tertentu, tinggal lamar saja. Beres! Sebaiknya saat melamar ke supermarket persiapkan mental Anda. Sebab, akan banyak tantangan dan mungkin akan banyak pula masalah yang Anda hadapi.

-

Itu saja pekerjaan lulusan SMA Ipa pria yang dapat penulis bagikan. Sekian.
Follow Instagram : @dreamlokerdotcom

Telegram : t.me/dreamlokerdotcom