Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pekerjaan untuk Fresh Graduate S1

Pekerjaan untuk Fresh Graduate S1

Jika ditelisik lebih dalam, sebenarnya ada banyak pekerjaan untuk fresh graduate S1. Apalagi di zaman sekarang, gelar cukup membantu untuk mendapatkan pekerjaan. Akun-akun loker di Instagram yang kerap membagikan info loker selalu saja tertulis di postingannya “minimal s1”.

Hal terpenting bagi lulusan s1 adalah kemaun untuk mencoba bekerja di bidang yang mungkin tidak sesuai dengan jurusan kuliah. Kecuali kalau pilih-pilih, cenderung susah mendapatkan pekerjaan.

Beberpa kawan penulis, banyak lulusan s1 yang menganggur disebabkan karena terlalu pilih-pilih dan ingin bekerja sesuai dengan jurusan kuliah yang pernah diambilnya. Berbeda dengan mereka yang menganggap bahwa gelar itu belakangan, yang penting mau belajar dan mau kerja dulu, biasanya cepat dalam mendapatkan pekerjaan.

Baik lah berikut daftar pekerjaan untuk Anda yang baru lulus s1.

Daftar pekerjaan untuk fresh graduate S1

1. Pekerjaan sebagai pengelola koperasi

Berdasar penelitian penulis, kini sudah banyak fresh graduate S1 yang tidak mempunyai pengalaman kerja sama sekali dan mereka berbondong-bondong melamar kerja di koperasi. Alasannya cukup masuk akal karena untuk masuk ke koperasi tidak mensyaratkan jurusan kuliah khusus.

Menjadi pengelola koperasi atau katakan lah sebagai kariawannya, waktu yang dibutuhkan untuk bekerja terbilang fleksibel. Dan tidak akan terlalu melelahkan. Anda hanya perlu melayani konsumen yang ingin meminjam uang, atau sebagai juru tulis di sana.

Hal paling utama untuk mendapatkan pekerjaan di bidang ini adalah memiliki banyak koneksi. Atau langsung tanya saja, apakah di koperasi A misalnya ada loker? Kalau ada, tinggal melamar saja. Hanya saja mungkin gaji yang diberikan tidak terlalu besar.

2. Pekerjaan sebagai TU sekolah

Jika Anda tidak percaya dalam mengajar atau tidak punya basic mengajar, Anda bisa melamar ke sebuah sekolah untuk menjadi petugas TU.

Petugas TU ini biasanya ditugaskan untuk membantu kelancaran pada administrasi sekolah. Tenang, posisi TU bisa dimasuki oleh banyak jurusan sehingga pekerjaan ini memudahkan Anda sebagai fresh graduate untuk cepat-cepat dalam bekerja.

Hal terpenting adalah memiliki kenalan di sebuah sekolah yang ingin Anda lamar. Biasanya dengan begitu akan memudahkan Anda saat proses pertimbangan dari pihak kepala sekolah.

3. Pekerjaan sebagai agen asuransi

Selain bergerak di dunia marketing, pekerjaan untuk fresh graduate yang dapat dimasuki semua jurusan dan juga katakan lah menawarkan gaji tinggi, yakni sebagai pegawai atau sebagai agen asuransi.

Kriteria untuk kerja di sini hampir sama dengan orang-orang yang bekerja di dunia marketing, yakni Anda harus lah menjadi seseorang yang cakap dan pandai berbicara, Anda harus pandai juga dalam bernegosiasi, lalu disarankan untuk tidak gampang emosian, dan yang terpenting juga adalah memiliki wawasan yang luas.

Jika Anda tertarik kerja sebagai agen asuransi, silakan geluti dulu dunia ini. Atau minimal baca-baca dulu saja terkait dunia asuransi. Kelak, Anda akan mengetahui seluk-beluknya.

Pekerjaan untuk Fresh Graduate S1


4. Pekerjaan sebagai sales

Selanjutnya, pekerjaan yang pantas untuk fresh graduate s1 semua jurusan yakni pekerjaan sales. Pekerjaan ini tentu saja berbeda dengan petugas admin, sales justru lebih kepada menawarkan jenjang karir dan juga prospek gaji yang besar.

Anda tidak perlu berdiam diri atau mematung di depan meja kerja setiap hari. Hebatnya, menjadi seorang sales justru akan memiliki mobilitas yang tinggi dan pekerjaan ini kerap bertemu dengan orang baru dengan berbagai latar belakang yang bergam. Sehingga, Anda akan dapat wawasan baru ketika bertemu dengan orang-orang baru tersebut.

Orang-orang baru itu bisa Anda jadikan sebagai networking kedepannya.

5. Pekerjaan sebagai admin

Percaya atau tidak di zaman sekarang ini sudah banyak perusahaan kecil, lalu home industri, hingga ke toko-toko yang membuka lowongan pekerjaan sebagai admin.

Nah, posisi pekerjaan ini bisa banget Anda lamar sebagai fresh graduate S1. Asal, Anda berkepribadian sebagai seorang yang teliti, ramah, rapi, dan menyukai serta mengerti angka-angka.

Definisi admin di sini sebenarnya luas. Ada juga perusahaan yang membuka loker sebagai admin sosial media. Ini tentu dapat memudahkan Anda sebagai orang yang baru lulus kuliah.

6. Pekerjaan sebagai guru di sekolah swasta

Meski Anda tidak kuliah di bidang atau jurusan pendidikan, misalnya saja kuliah jurusan kimia murni dan bukan jurusan pendidikan kimia, Anda masih bisa menjadi pengajar di sekolah swasta.

Anda akan lebih mudah lagi jika menjadi pengajar di sekolah swasta dengan jenjang sekolah dasar. Banyak kawan penulis yang sudah mendapatkan pekerjaan sebagai guru meski gelarnya bukan jurusan pendidikan.

7. Pekerjaan sebagai perangkat desa

Ini dia salah satu pekerjaan yang pantas untuk Anda sebagai fresh graduate S1. Ya dengan menajdi perangkat desa dan berbekal gelar s1, gelar di bidang apapun itu, Anda akan mudah keterima sebagai salah satu perangkat desa.

Entah itu di desa Anda sendiri maupun di desa luar tempat tinggal Anda. Beberpa teman penulis sudah pernah mengalami sebagai perangkat desa. Hasilnya, nyaman. Karena bekerja hanya hari Senin sampai Jumat saja.

8. Pekerjaan sebagai kariawan bank

Hampir semua jurusan kuliah sudah dipastikan ketika ada info loker maka ingin menjadi seorang banker. Hebatnya lagi, bekerja sebagai banker tidak perlu background dari ekonomi bisnis saja. Melainkan, jurusan pendidikan pun bisa melamar di Bank dan cenderung bisa diterima.

Jadi, jangan pikirkan dulu sebagai kariawan bank secara macem-macem. Lamar aja jika ada info lokernya.

9. Pekerjaan sebagai wirausaha

Terakhir adalah ada satu pekerjaan lagi yang sangat bisa diakukan oleh semua fresh graduate lulusan s1 semua jurusan, yakni sebagai wirausaha. Di dunia ini bukan ijazah yang dibutuhkan, melainkan adalah modal dan intuisi bisnis yang cemerlang.

10. Pekerjaan sebagai penulis artikel  

Ini dia salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan di era digital ini, yakni sebagai penulis artikel. Tidak perlu jurusan apapun untuk menjadi penulis, asalkan punya skill menulis, pasti Anda bisa melakukannya.

Barangkali itu saja pekerjaan untuk fresh graduate S1. Selamat memilih.
Follow Instagram : @dreamlokerdotcom

Telegram : t.me/dreamlokerdotcom