Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik & Tips Mendapatkan Pekerjaan bagi Fresh Graduate

Tips Mendapatkan Pekerjaan bagi Fresh Graduate

Bagi Anda yang kini sedang menjadi fresh graduate atau baru saja lulus kuliah, impian Anda pasti ingin segera bekerja dan berkarir. Namun, sayangnya, lapangan kerja bukanlah sesuatu yang mudah Anda dapatkan karena persaingannya cukup tinggi, ditambah lagi kebanyakan perusahaan memilih merekrut karyawan yang berpengalaman.

Bahkan, sejauh ini, riset telah membuktikan bahwa lebih dari 40 persen kebanyakan para fresh graduate masih pada menganggur. Hal ini jelas membuktikan bahwa persaingan di dunia kerja sangatlah ketat. Oleh sebab itu, Anda memerlukan trik dan tips mendapatkan pekerjaan bagi fresh graduate atau bagi lulusan baru.

Untuk mengetahui apa saja tips dan triknya, alangkah baiknya Anda memahami dan mengikuti tips-tips yang akan penulis bagikan di bawah ini.

Tips Mendapatkan Pekerjaan bagi Fresh Graduate

Perbanyak dulu Portofolio

Selain memperbanyak CV, portofolio termasuk bagian paling penting yang mesti Anda siapkan untuk dapat dijadikan bahan acuan pertimbangan dari calon perusahaan.

Dengan mempunyai portofolio, maka perusahaan dapat menilai seberapa besar keahlian yang Anda miliki, dan apakah keahlian Anda sesuai dengan bidang yang bakal anda kerjakan atau tidak. Cara yang satu ini bisa Anda gunakan sembari mengisi waktu luang lalu mencari lowongan kerja atau menunggu masa panggilan tes dan masa interview kerja.

Anda perlu memperbanyak portofolio untuk mengasah kemampuan atau skill yang Anda miliki supaya lebih bagus dan terbilamh ahli. Memperbanyak portofolio dapat Anda lakukan dengan magang, tanpa perlu dibayar. Namun, tidaklah semua perusahaan tempat magang tidak bakal membayar. Ada juga yang pasti membayar separuhnya dan memberikan uang transportasi kepada anak yang magang meski tidak sebesar gaji bulanan.

Perluas Jaringannya

Jangan gengis, malu, dan segan untuk bertanya kepada teman, kenalan, dan juga saudara Anda tentang lowongan pekerjaan fresh graduate. Dengan hal-hal begini, Anda akan mendapatkan informasi lowongan kerja lebih banyak dan beragam yang barangkali salah satunya sedang Anda cari.

Dalam masalah atau kasus ini, anda bisa sering bertanya pada alumni yang telah mendapatkan kerja. Barangkali di tempat kerjanya ada info lowongan kerja yang dapat dibagikan. Ya, tentu cara ini efektif supaya mendapatkan pekerjaan dengan lebih cepat.

Manfaatkan Keberadaan Website Loker dan Media Sosial

Tips Mendapatkan Pekerjaan bagi Fresh Graduate


Siapapun itu pasti bisa melakukan hal ini. Ya, dengan memanfaatkan website lowongan kerja yang paling akurat atau menggunakan sosial media seperti facebook, instagram, dan grup whatsapp yang Anda punyai. Saat ini, banyak perusahaan yang memasang informasi lowongan kerja lewat website, aplikasi lowongan kerja, dan juga media sosial. Setiap hari akan terus bermunculan info lowongan kerja di website dan media sosial dengan beragak bidang dan keterampilan yang sangat dibutuhkan.

Kirim Lamaran Melalui Email

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang mencantumkan email saat mereka sedang mencari karyawan baru. Cara perusahaan ini digunakan untuk menyeleksi pelamar dengan melihat bagaimana tata cara Anda mengirimkan lamaran kerja. Biasanya, yang mereka lihat adalah saat Anda mengirim lamaran lewat email, lalu dilihatb dari subject yang benar, isi body email, dan juga lampiran email.

Di bagian alamat email misalnya, perusahaan akan melihat apakah email yang Anda miliki secara professional atau tidak. Sebaiknya, Anda gunakan email dengan nama Anda yang benar dan jangan aneh–aneh.

Kemudian pada subject email, Anda harus mengisinya dengan baik, jangan sampai dikosongi. Biasanya info lowongan kerja sudah tertera subject email yang harus pelamar iisi. Namun, apabila tidak ada, anda dapat mengisinya dengan tujuan atau bidang lamaran yang ingin anda ajukan.

Lalu untuk body email, anda dapat mengisinya dengan ucapan pengantar lamaran kerja yang akan Anda tuju atau ingin anda gapai, Anda harus mengisinya dengan bahasa Indonesia yang benar, baik, dan sopan.

Untuk lampiran email sendiri, alangkah baiknya Anda cek kembali tentang apakah masih ada yang tertinggal atau tidak. Jangan sampai, email sudah dikirim namun masih ada dokumen yang tertinggal dan kemudian Anda kirim ulang dari reply ataupun email baru.

Hal ini justru bakal mengurangi nilai, bahkan akan membuat Anda tidak lolos di babak pertama. Jangan pernah bosan lah untuk selalu cek kembali di bagian alamat, subject, body, dan lampiran sebelum email Anda kirimkan. Lebih baik lagi anda cek lagi dengan lebih teliti.

Perbaiki CV

Tips Mendapatkan bagi Fresh Graduate


Satu hal lagi yang nggak boleh terlewatkan yaitu CV atau curriculum vitae apabila Anda ingin cepat segera mendapatkan pekerjaan. Mulai dari isi CV dengan menggunakan data diri, riwayat pendidikan, pengalaman, keahlian, serta prestasi.

Alangkah baiknya juga, CV yang Anda miliki lebih padat dan dengan didesain semenarik mungkin. Apabila desain itu bukanlah keahlian Anda, saat ini kan banyak jasa pembuatan CV yang sudah sangat siap membuatkan CV terbaik Anda. Tidak ada salahnya jika Anda membuat CV dengan sekreatif mungkin. Dengan begitu, maka perusahaan akan melihat usaha serta kesungguhan Anda ketika melamar pekerjaan.

Apabila Anda sudah mempersiapkan CV sebaik mungkin, Anda akan lebih cepat dipanggil untuk tahap berikutnya karena perusahaan tertarik terhadap diri anda. Nah, CV yang baik adalah dapat menjelaskan tentang bagaimana pribadi dan juga keahlian yang Anda miliki. Iya, benar sekali, CV selalu dianggap penting di dunia pekerjaan.

Ikut Job Fair

Tips selanjutnya dan terakhir adalah yang patut dengan sering update dan juga mengikuti acara job fair. Di acara-acara seperti ini, banyak peluang kerja dengan bidang dan juga bagian yang berbeda.

Memang persaingan ebih berat karena banyak pelamar yang mencoba cara ini. Namun, bukan berarti Anda harus minder dan juga patah semangat. Kalau Anda ingi mencoba dan kemudian terus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, berarti ini tidak menutup kemungkinan perusahaan bakal menilai Anda dengan sangat baik.

Itulah trik dan tips mendapatkan pekerjaan bagi fresh graduate.
Follow Instagram : @dreamlokerdotcom

Telegram : t.me/dreamlokerdotcom