Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Lowongan Pekerjaan untuk Anak SMA yang Masih Sekolah

Lowongan pekerjaan untuk anak SMA yang masih sekolah

Lowongan pekerjaan untuk anak SMA yang masih sekolah sesungguhnya ada banyak jenisnya. Ini tergantung kesiapan adik-adik, apakah bisa bekerja secara maksimal? Berhubung di sekolah mungkin sudah disibukkan dengan tugas misalnya.

Soalnya, perusahaan atau tempat kerja yang sudah menyediakan atau membuka lowongaan pasti ingin para pekerjanya itu bekerja dengan optimal, fokus, dan baik dalam mengerjakan sesuatu. Kalau saja tidak fokus, pasti akan menghambat bagi perusahaan tersebut.

Ada sih ada pekerjaan untuk anak SMA, tetapi balik lagi ke kesiapan adik-adik sendiri. Kalau pun memang siap, berikut adalah lowongan pekerjaan bagi pelajar yang sedari dulu hingga sekarang, masih ada informasinya.

Daftar lowongan pekerjaan untuk anak SMA yang masih sekolah

1. Menjadi reseller buku novel

Dunia pekerjaan erat hubungannya dengan buku. Baik itu buku pelajaran maupun buku non-pelajaran. Buku pelajaran tidak sembarangan bisa dijual oleh siapa saja. Sudah ada penerbit khusus yang menyediakannya atau sudah ada stock khusus dari penerbit ke pihak sekolah.

Sementara itu, novel adalah jenis buku umum. Dan banyak para penjual novel yang membuka lowongan pekerjaan sebagai reseller bagi anak-anak SMA. Kalau saja tingkat literasi di sekolah adik-adik lumayan tinggi, maka ini adalah kesempatan bagi adik-adik untuk mendapatkan pekerjaan sebagai reseller maupun dropshiper.

Hal paling utama menjadi reseller adalah promosi buku-buku yang akan dijual di sosial media milik adik-adik sendiri. Pasti ada sebagian siswa yang suka membaca dan membeli buku non pelajaran.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan pekerjaan sebagai reseller buku novel? Salah satunya, adalah bergabung dengan grup jual-beli buku di Facebook. Di grup tersebut, banyak orang-orang yang membuka loker bagi pelajaran. Dan memang mereka membutuhkan para pelajar agar stock buku novelnya terjual banyak.

Selain itu, adik-adik dapat mengirim email ke penerbit buku untuk menjadi reseller. Sebut saja bahwa adik-adik ingin menjual buku-buku mereka. Dan mendapatkan persentase yang diberikan penerbit.

Cara ini paling mudah. Dan memang faktanya, kakak pribadi pernah merasakan nikmatnya dari menjual buku saat masih menjadi seorang pelajar. Silakan langsung saja gabung dengan grup jual-beli buku atau hubungi saja penerbit yang suka menjual novel.

2. Menjadi penulis artikel di website orang lain

Profesi penulis kini marak bermunculan. Dan ini merupakan jenis pekerjaan yang susah-susah gampang. Tapi, adik-adik dapat belajar dasar menulis aja dulu untuk memahami tata cara pembuatan artikel yang SEO, baik, dan benar.

Untuk bayarannya, cukup menggirukan. Cukup buat jajan adik-adik sekolah. Tapi, jenis pekerjaan ini membutuhkan kefokusan dan butuh tulisan yang rapi, baik, dan enak dibaca.

Bagaimana cara mendapatkan pekerjaan sebagai penulis artikel?

Caranya mudah saja. Silakan lamar atau promosi di grup Blogger Indo. Atau langsung kunjungi situs-situs freelance writer. Dengan bergabung di situs tersebut maka ada kesempatan bagus untuk memperoleh jenis pekerjaan ini.

Selain itu, bisa langsung lamar juga ke beberapa website yang memang membutuhkan penulis artikel. Caranya, cari di internet dengan kata kunci "Loker penulis artikel" di sana sudah banyak informasi tentang lowongan pekerjaan yang satu ini.

3. Menjadi seorang desainer pembuat CV dan Portofolio

Semakin banyaknya info loker, semakin banyak juga para penyedia jasa CV dan Portofolio. Mereka, yang membuka jasa ini, kadang kewalahan atau keteteran membuat CV. Oleh sebab itu, sebagian dari mereka, sering bekerjasama dengan orang-orang yang juga bisa bikin CV dan Portofolio.

Cara memperoleh pekerjaan di dunia desain, adalah dengan bergabung bersama grup Canva dan grup-grup yang sering memaksimalkan aplikasi edit foto. Di sana sudah disiapkan tenplate dalam pembuatan CV maupun portofolio.

Sebagai pelajar yang suka ngedit gambar, silakan bergabung atau melamar saja. Jangan malu menanyakan info loker atau beranilah dalam melamar. Percaya diri saja dulu. Itu kuncinya. Dengan demikian, adik-adik bakal mudah mendapatkan pekerjaan untuk menjadi seorang pembuat CV tersebut.

4. Pekerjaan sebagai reseller kaos dan jaket

Jenis pekerjaan ini berhubungan dengan produksi pakaian. Mereka selalu saja ingin melebarkan sayapnya dalam pembuatan kaos dan jaket. Mereka sekarang sedang gesit-gesitnya mencari kariawan baru meski statusnya pekerja lepas.

Jenis pekerja lepas yang mereka cari itu beragam. Mulai dari lulusan SMA, hingga berstatus masih anak-anak SMA. Kata mereka, anak SMA masa kini suka pada bikin kaos dan jaket coupelan sekelas. Oleh karenya, mereka membutuhkan pelajar seperti adik-adik ini.

Untuk mendapatkan lokoer di bidang penjualan kaos dan jaket, silakan hubungi saja beberapa orang yang membuka usaha di bidang ini. Di pencarian Google sudah banyak yang membuka. Adik-adik tinggal lamar saja. Sesederhana itu.

Ingat bahwa kejujuran adalah hal utama. Maksudnya, jujur saja bahwa status adik-adik masih sekolah. Tapi, katakan, lumayan pandai dalam mendapatkan konsumen. Apalagi kalau sekolah adik-adik memiliki banyak kelas. Semakin tertariklah para pengusaha produksi kaos dan jaket.

5. Lowongan pekerjaan sebagai penjual makanan

Sejauh ini, geliat pengusaha makanan sedang marak bermunculan. Entah makanan cepat saji, pesanan, dan lain sebagainya. Mereka, para pengusaha makanan sering memikirkan tentang bagaimana bisa usahanya ini masuk ke ranah pendidikan selain dengan merekrut pekerja baru yang masih berstatus pelajar.

Oleh sebab itu, dekati semua pengusaha makanan yang ada di dekat rumah adik-adik. Atau langsung mengamati, makanan mana yang paling hits sekarang ini. Kalau sudah ketemu, tawarkan kerjasama kepada mereka bahwa adik-adik ingin menjual makanan karena guru dan siswa akan suka terhadap makanan tersebut.

Bagi guru dan siswa lain akan ada ketertarikan lebih nantinya. Oleh sebab itu, langsung lamar dan cari saja. Sebab, nanti, hasilnya cukup menjanjikan. Hal yang wajib adik-adik lakukan adalah langsung cari temui saja pedagangnya. Dan obrolkan keinginan adik-adik tersebut.

-

Tidak ada persyaratan dan ketentuan yang sinifikan apabila masih berstatus pelajar. Pasti nanti akan dirterima karena lima lowongan pekerjaan untuk anak SMA yang masih sekolah yang telah kakak bahas ini faktanya sedang membutuhkan kaum pelajar.

Sekian. Selamat bekerja!
Follow Instagram : @dreamlokerdotcom

Telegram : t.me/dreamlokerdotcom