Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Cepat Dapat Kerja Lulusan SMK

Cara cepat dapat kerja lulusan SMK

Saat ini lulusan sekolah mana pun tidak menjamin akan mendapatkan pekerjaan secara cepat. Entah itu lulusan SMA maupun SMK. Namun, jika dibandingkan kedua jenjang pendidikan tersebut, SMK seringkali dianggap cepat dalam mendapatkan pekerjaan. Itulah sebabnya, banyak banget fresh graduate yang searhcing di Google tentang bagaimana cara cepat dapat kerja lulusan SMK?

Lulusan SMK memang sering digadang-gadang bakal dapet pekerjaan setelah lulus. Entah awalnya dari mana pernyataan itu sebab faktanya, banyak lulusan SMK yang mengannggur.

Soal mendapatkan pekerjaan, kami rasa itu tergantung pada diri Anda masing-masing. Segiat apa Anda melamar kerja, sebanyak apa relasi pertemanan Anda, dan masih banyak faktor lain yang bisa membuat seseorang dapat pekerjaan.

Apa maksud artikel cara cepat dapat kerja bagi lulusan SMK ini?

Maksud dan tujuan menulis artikel ini adalah ingin berbagi saja bahwa ada beberapa cara atau tips bagi lulusan SMK supaya cepat dapet kerja. Ini sudah terbukti berdasar pengalaman pribadi. Karena, balik lagi, dan memang sedikitnya ada benarnya bahwa lulusan SMK paling dominan dalam mendapatkan pekerjaan.

Mengapa demikian? Sebab, saat sekolah, fokus utama anak SMK hanya mempelajari satu mata pelajaran saja yang paling diunggulkan dan juga diperdalam. Jurusan elektronik, fokus utamanya dunia elektronik. Jurusan TKJ, fokusnya membahas masalah tentang komputer dan jaringan.

Sehingga apa yang terjadi? Ya, ketika ada loker di dunia komputer atau jaringan maka pihak pencari loker bakal memprioritaskan anak SMK ketimbang anak SMA. Karena, anak SMK sudah ada dasarnya. Sehingga, kedepannya diduga lebih mudah dan paham dalam mengerjakan sebuah pekerjaan terkait komputer dan jaringan.

Akan tetapi, sekali lagi perlu disampaikan bahwa, hal demikian bukan menjadi patokan utama. Tetap saja kalau ada anak SMA yang memang dia ahli di dunia TKJ, boleh jadi anak lulusan SMA lah yang diterima.

Terkadang juga, lulusan SMK pun ada juga yang males belajar sehingga ilmu di SMK-nya tidak diaplikasikan dengan baik. Dengan demikian, saat melamar, ada penolakan.

Cara cepat dapat kerja lulusan SMK

1. Milikki niat ingin cepat dapat kerja

Semua berawal dari niat dulu. Kalau niat utamanya serius ingin cepat mendapatkan pekerjaan, maka kelak akan dimudahkan.

Lulusan SMK yang serius ingin kerja biasanya sudah ancang-ancang dulu setahun sebelum dia lulus. Lulusam SMK yang serius biasanya sudah nyari tahu tentang bagaiman cara melamar kerja, bagaimana nyari relasi, dan masih banyak lagi.

Lebih dari itu, anak SMK yang serius, selalu mempraktikan ilmu-ilmu yang dia dapatkan di sekolah. Dengan pemikiran, kelak imu-ilmu tersebut akan berguna di masa kerja.

Jadi, miliki dulu niat yang jelas dan serius. Apakah benar ingin langsung kerja atau setahun setelah lulus mau nyantai-nyantai dulu. Nah, ini perlu Anda pikirkan. Namun, kalau memang ingin cepet kerja, fokus ke niat aja dulu.

2. Tanya info loker kepada alumni agar cepat dapat kerja

Aktiflah bertanya kepada alumni-alumni yang sudah dapat kerja. Bertanya lah kepada mereka apakah ada loker di tempat kerjanya. Minta kontak WA-nya. Berinteraksi dan berkomunikasi lah terus. Dengan demikian, satu relasi sudah Anda dapatkan.

Semakin rajin bertanya info loker ke alumni sekolah Anda, semakin membuka peluang juga bagi Anda untuk dapetin pekerjaan. Paham, kan?

3. Minta bantu ke pihak sekolah agar dapat kerja

Cara terbaik ketika sudah mentok tidak ada loker dari para alumni, coba minta diarahkan lah oleh pihak sekolah. Biasanya di sebagian sekolah, suka ada arahan dari pihak sekolah untuk membantu anak didik lulusan sekolahnya.

Cara meminta bantuan ke pihak sekolah pun harus jelas. Bahwa, Anda memang ingin cepat kerja berhubung orangtua di rumah sudah capek melihat Anda menganggur misalnya. Atau alasan ingin dapet kerja karena pengen membantu ekonomi keluarga.

Biasanya dengan beragam alasan seperti itu, pihak sekolah suka tiba-tiba luluh. Jangan pernah malu meminta bantuan kepada banyak orang, ini merupakan bentuk ikhtiar Anda dalam mendapatkan pekerjaan secara cepat. Coba aplikasikan cara ketiga ini pasti ada jalannya.

 
Cara Cepat Dapat Kerja Lulusan SMK



4. Rajin mengirim lamaran ke tempat kerja manapun supaya cepat dapat pekerjaan

Hal pertama untuk mengikuti petunjuk nomor keempat ini adalah mencari dulu perusahaan atau tempat kerja yang sedang membuka lowongan. Lalu kumpulkan semuanya. Entah itu mencarinya melalui sosial media atau Internet. Atau silakan bersenang-senang ria di blog ini buat nyari loker. Karena sudah banyak info loker yang kami posting.

Nah dari semua loker yang Anda kumpulkan itu, kirim lamaran Anda satu-per-satu kepada mereka. Dari 20 lamaran pekerjaan yang Anda kirim misalnya, kami pastikan pasti ada satu perusahaan yang memanggil dan menginterview Anda.

Ini merupakan cara lama, tapi masih sering digunakan oleh banyak orang dan terbukti keampuhannya. Anda yang kebetulan lulusan SMK pun, silakan aplikasikan cara ini.


5. Jangan pandang bulu dulu soal pekerjaan

Kalau memang benar ingin cepat kerja, solusinya adalah jangan pandang bulu terhadap pekerjaan apapun. Ada loker, kirim. Ada loker, kirim lamaran. Terus saja begitu dengan niat awal ingin kerja, dan mungkin ingin mencari pengalaman lebih.

Dengan demikian, saat ditempatkan di mana pun, Anda sanggup. Berbeda dengan orang yang pilih-pilih kerjaan, kesulitannya lebih parah lagi.

Cara kelima ini memang akan menimbulkan ketidakpastian. Misalnya Anda lulusan TKJ, eh malah bekerja selain di jurusan sekolah Anda. Pasti akan begitu. Namun, solusi kelima ini cukup membantu Anda untuk dapetin pekerjaan secara efektif.

Barangkali itu saja artikel cara cepat dapat kerja lulusan SMK. Kami berharap, semoga Anda dapat pekerjaan yang baik.
Follow Instagram : @dreamlokerdotcom

Telegram : t.me/dreamlokerdotcom